TKJ

TKJ (Teknik Keikhlasan Jariyah)

“Ikhlas itu tulus dan bersih.” Ucapan dari seorang guru kejuruan, Hijri Alaudin S. Kom. Dari makna tersebut, penulis ingin menuliskan tentang ikhlas setelah melakukan wawancara kepada lelaki berkaca mata tersebut.  Memang kata iklhas sejatinya mudah diucapkan namun susah untuk dilakukan, bahkan ada suatu  tindakan yang mengatakan “iklhas” namun ada maksud terselubung di balik itu.

Secara kebahasaan, ikhlas merupakan suatu perasaan dan kondisi tentang seseorang yang sedang melakukan sesuatu dengan penuh ketulusan tanpa mengharapkan balasan apapun. Rasa ikhlas perlu dimiliki sebagai insan manusia yang baik. Dengan ikhlas yang dimiliki dalam menjalani kehidupan ini akan memberikan suatu kenikmatan yang tersendiri, sehingga dalam keadaan apapun, baik itu punya uang banyak atau tidak, miskin atau kaya harus tetap ikhlas menjalani hidup yang diberikan oleh Allah SWT.

Sejak dini bahkan dewasa kita harus mengembangkan perasaan ikhlas dengan penuh keyakinan dan ketulusan dalam menjalani hidup yang penuh tantangan, rintangan, dan ujian sehingga nantinya kita bisa menjadi manusia yang dapat memiliki sikap dan pikiran yang menjunjung tinggi nilai ketakwaan.

Al-qur’an telah menjelaskan pada Surat Ali Imran ayat 29:

قُلْ إِنْ تُخْفُوا مَا فِي صُدُورِكُمْ أَوْ تُبْدُوهُ يَعْلَمْهُ اللَّهُ

“Katakanlah: “Jika kamu menyembunyikan apa yang ada dalam hatimu atau kamu melahirkannya, pasti Allah mengetahui” (QS. Ali Imran: 29)

Oleh  karena  itu,  jalanilah hidup di dunia ini dengan penuh rasa ikhlas dan penuh senyuman karena rasa ikhlas itu akan membawa kita ke arah berpikir positif baik itu kepada sesama manusia juga yang terpenting  kepada Allah SWT  sehingga kita dapat menikmati hidup yang sesungguhnya. (Alf)

FDTGD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *