SMK MUDA MELEK BACA

MUDA BERLITERASI

2d8722d7-e13e-4843-9d8b-1165b7fbddac 7fac8bf9-3eea-49dc-8795-e34f825ab50d

Sebulan sudah program baru SMK Muhammadiyah 2 Surabaya ini berjalan. Ya, literasi digital merupakan bagian dari program pengembangan diri siswa dalam rangka menyikapi perkembangan pendidikan abad 21. Karakteristik pendidikan abad 21 yang dalam muatannya mengedepankan ikhwal pembangunan budaya literasi sebagai elemen penting dalam pencapaian tujuan pendidikan tanpa mengabaikan pengintegrasian pembelajaran dengan teknologi yang ada tatkala merupakan kunci dari substansi karakteristik pendidikan abad 21 tersebut.

Dalam implementasinya, siswa dalam tiga hari seminggu, tepatnya setiap jam pelajaran pertama dialokasikan waktu tiga puluh menit untuk membaca sebuah artikel melalui smartphone siswa masing-masing. Menariknya, selain program ini dalam tujuannya diharapkan mampu menambah wawasan siswa dalam berpengetahuan umum, program ini tatkala juga menjadi sarana bagi guru-guru dalam membuat sebuah artikel secara mandiri sebagai bahan literasi untuk para siswa  tersebut. Selain itu, guru juga diwajibkan mampu menguasai bahan literasi yang diberikan kepada siswa setiap pelaksaannya dengan harapan hal tersebut juga menjadi ajang dalam meng-upgrade wawasan guru-guru itu sendiri.

Adapun tindak lanjut dari literasi digital tersebut adalah siswa diwajibkan membuat sebuah resume sebulan sekali hasil dari penuangan pemahamannya terhadap bacaan yang telah dibacanya selama sebulan tersebut. “Selain mampu menambah wawasan siswa, program ini juga menambah wawasan para guru pula. Selain itu, esensi dari program tersebut tatkala guna menjawab tantangan pendidikan abad 21 yang dalam karakteristiknya mengedepankan pengintegrasian pembelajaran dengan teknologi serta budaya literasi sebagai substansi dari muatannya.” Ungkap Hj. M. Mas’ulah, S.T., M.M. selaku Kepala SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. (cogan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *