SEJARAH KOTA SURABAYA

774ff3f5-3493-42b0-b671-feae8836692fBANGGA MENJADI ANAK BERSEJARAH

Hari ini, Kamis, 20 September 2018, siswa-siswi SMK Muhammadiyah 2 Surabaya mengunjungi Museum Tugu Pahlawan. Selalu ada rasa haru setiap mengunjungi Surabaya. Kota ini telah menjadi salah satu bagian penting dari episode perjalanan kehidupan arek-arek Suroboyo. Tak sulit untuk menemukan salah satu ikon Surabaya ini. Letaknya di Jalan Pahlawan, Kelurahan Alun-Alun Contong, Kecamatan Bubutan.
Pertama kali datang, siswa-siswi SMK Muda disambut sebuah gapura megah berwarna coklat keemasan. Di pintu gerbang museum terpampang patung Proklamator Indonesia, Bung Karno dan Bung Hatta. Area Tugu Pahlawan tersebut cukup luas, sekitar 1,3 hektare. Terdapat pelbagai barang-barang bersejarah yang terpampang di halaman yang cukup luas tersebut, seperti, Patung Gubernur Suryo, Bung Tomo, mobil peninggalan Bung Tomo, dan sebagainya. Adapun bagian lain yang cukup menarik dari museum yang diresmikan oleh Gus Dur pada tanggal 10 November 2000 tersebut adalah terdapat diorama, auditorium, koleksi foto dokumentasi, senjata, dan berbagai saksi sejarah lainnya.
Surabaya yang kini berkembang sebagai Kota Metropolis memiliki segudang cerita sejarah, salah satunya adalah perjuangan arek-arek Suroboyo yang gigih melawan penjajah. Tak salah pula bila kota ini disebut sebagai Kota Pahlawan. Tugu pahlawan merupakan salah satu ikonnya. Monumen ini memang cukup banyak berbicara mengenai kisah perjuangan arek-arek Suroboyo pada 10 November 1945. Mulai dari rekaman asli pidato Bung Tomo yang berapi-api membangkitkan gelora dan hasrat serta semangat masyarakat untuk mempertahankan kemerdekaan, hingga sebuah tampilan film dokumenter 3D yang dikemas secara sinematik dan patriotik. Adapun harapan yang ingin dicapai SMK Muhammadiyah 2 Surabaya dalam tujuannya melakukan kunjungan tersebut adalah tatkala berharap tumbuhnya sikap patriotik dan nasionalisme dalam diri siswa, terlebih sebagai sarana pembelajaran bagi siswa untuk mengenal lebih dalam mengenai sejarah perjuangan bangsa, khususnya agar siswa tidak melupakan sejarah perjuangan bangsa ini. Hal lain yang tak kalah penting dalam penyelenggaraan kunjungan tersebut adalah adanya harapan untuk menjadikan siswa-siswi SMK Muda menjadi pribadi yang bangga menjadi bagian dari sejarah itu sendiri. (AfD)

IMG_0330

IMG_0315

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *