Proses Pembelajaran Daring SMK MuDa Surabaya

c75d6934-78ae-4fc1-aa4b-7bf659b17326 89829967-50ec-405f-97aa-b97fe39d58cf 0faf2b2d-1e76-4806-a254-a7b6db9b2cec

Sistem Pelajaran Daring atau yang dikenal dengan PJJ yaitu Pembelajaran Jarak jauh telah dilakukan oleh SMK Muhammadiyah 2 Surabaya guna untuk menjawab semua keresahan yang didapat para walimurid dan siswa kami, mengingat pembelajaran tepat pada pertengan bulan juli pemerintah melalui Menteri pendidikan dan kebudayaan meyakinkan kepada Pengelolah Lembaga sekolah untuk membuka sekolah dalam tahun ajaran baru dengan konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yaitu mengunakan sistem Daring dan Luring. sehingga pemerintah menekankan kepada pihak lembaga sekolah untuk tetap melakukan pembelajaran dengan sistem PJJ.

Yang mana sistem PJJ ini dilakukan, karena belum stabilnya wabah Pandemi Covid – 19 di Indonesia yang angkanya (terkena covid) setiap hari bertambah naik. Semoga wabah Covid – 19 ini segera sirna dari muka bumi, dan kembali normal seperti sedia kala (New Normal). Adapaun program sekolah kami  dalam kaitan ini adalah konsep daring yang bersahabat, yang mana Konsep kami agak sedinkit berbeda dengan  sekolah lainnya dengan adanta tambahan SMK Muda Menyapa Keluarga.

Konsep kami dalam pembelajaran daring ini mengunakan sistem paket bulanan, yaitu dalam satu bulan ada 4 minggu yang mana setiap minggunya berbeda-beda topiknya. untuk minggu pertama topik yang diberikan adalah Video Converence yaitu semua guru mapel membuat akun gmail dan menyiapkan materinya berupa ppt maupun lainya kemudian memakai aplikasi Google meet untuk menyapa anak-anak agar mengetahui keadaan siswa-siswinya apakah sehat lahir batin selama musibah pandemi covid ini berlangsung dan kemduan memberikan materinya. Di minggu kedua bapak ibu guru  memberikan materi dan tugas melalui google classrom, yaitu setiap guru akan membikin kelas dan menginfokan ke wa group kelas untuk segera gabung di GCR(Google Clasroom) karena informasi materi maupun tugas akan diberikan disana, disamping itu juga para bapak ibu guru ada tugas tambahan yaitu menyapa walimurid kerumahnya sambil bersilaturahim sesuai dengan yang program dari kepala sekolah yaitu Hj. M. Mas’ulah S.T. MM., untuk lebih dekat kepada orang tua siswa karena orang tua siswa adalah rajanya kita yang harus kita layani dengan baik. di minggu ketiga, siswa diberikan tugas untuk mengerjakan LKS atau pun buku paket agar segera dikerjakan. Dan yang terakhir minggu ke empat adalah Pengumpulan tugas dengan konsep bergelombang, yaitu setiap kelas dibagi separuh dengan waktu yang berbeda agar tidak terjadi penumpukan atau bergerombolnya anak datang kesekolah, sekaligus juga sekolah menyiapkan protokol kesehatan yang mana setiap anak yang datang kesekolah akan di cek suhunya kemudian disuruh memakai masker dari rumah maupun facechild kemudian ketika setelah parkir siswa-sisiwi diminta untuk cuci tangan dan menggunakan handsanitaizer dan naik secera bergantian dengan jarak 2 meter. Yang kemudian duduk juga diatur dengan jaga jarak.

20200805_17043420200805_171039

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *