PASUKAN TANGGAP DARURAT SMK MUDA

e0728687-8cb3-4dd4-9427-23d10f5e007cPALANG MERAH REMAJA SMK MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA

Kebanyakan orang beranggapan bahwa langkah pertama yang tebersit dalam benak mereka dalam menangani orang yang mengalami kecelakaan adalah dengan membawanya ke rumah sakit sesegera mungkin. Anggapan tersebut secara esensial tidaklah sepenuhnya benar. Perlu pemahaman yang komprehensif dalam menyikapi hal tersebut, terlebih dalam mengenal pentingnya P3K.

P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelekaan) merupakan upaya pertolongan dan perawatan sementara terhadap korban kecelakaan sebelum mendapatkan pertolongan dari dokter. Pemahaman terhadap P3K dalam peranannya dianggap sangat penting karena hal tersebut berhubungan dengan sebuah permasalahan medis yang mungkin nantinya kita akan dihadapkan pada permasalahan tersebut. Berangkat dari alasan tersebut, SMK Muhammadiyah 2 Surabaya mencoba menanamkan pentingnya pemahaman terhadap P3K terhadap peserta didiknya melalui kegiatan ekstrakurikuler PMR (Palang Merah Remaja).

Dalam kegiatan tersebut, peserta didik diajarkan mengenai penanganan pertama yang harus dilakukan terhadap korban kecelakaan, mulai dari penanganan shock, luka memar, pingsan, bahkan hingga pendarahan. Semuanya menjadi bagian dari proses pembelajaran yang diajarkan pada ekstrakurikuler yang sudah dua tahun ini eksis di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya tersebut. Bukti konkret yang telah dipersembahkan ekstrakurikuler kebanggan SMK Muda tersebut adalah menjadi Juara II Lomba PMR Tingkat Kota Surabaya dan Juara III PMR Tingkat Provinsi Jawa Timur. Adapun harapan terbesar yang ingin dicapai dengan adanya ekstrakurikuler tersebut adalah selain membekali siswa dengan ilmu medis, terlebih mengenai P3K, ekstrakurikuler yang digawangi oleh Bu Angela tersebut juga berharap mampu memberikan kontribusi yang lebih besar lagi bagi SMK, yakni, memenangi lebih banyak lagi perlombaan PMR. (cogan)

4ad00006-ad14-4eaf-b58a-2f7a88c5701b 4082ccc7-e36a-470b-907a-749abf3eb212

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *