KEGIATAN DONOR DARAH 2017

This slideshow requires JavaScript.

SMK PEDULI BANGSA

Surabaya – Rabu, 25 Januari 2017 PMR SMK MUHAMMADIYAH 2 SURABAYAmengadakan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat, yaitu kegiatan donor darah. Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan KarangPilang Surabaya.

Di depan kantor kecamatan, para calon pendaftar sudah disambut hangat oleh 5 panitia dari tim PMR Smk Muda. Setelah itu para calon pendonor diarahkan untuk registrasi. Lalu calon pendonor dipersilahkan untuk menunggu giliran cek kesehatan. Cek kesehatan dilakukan oleh 4 anggota dari PMI Pusat. Cek kesehatan ini diadakan untuk memeriksa calon pendonor apakah para calon pendonor ini bisa mengikuti donor darah atau tidak. Syarat-syarat yang harus diikuti sebelum mengikuti donor darah adalah sudah berumur 17 tahun,  tidak mengonsumsi obat-obatan terlarang, dalam keadaan sehat, tidak diperbolehkan meskipun hanya sakit batuk atau pilek ringan, pada perempuan tidak mengalami menstruasi. Setelah lulus cek kesehatan, para pendonor diarahkan menuju ke mobil PMI untuk diambil darahnya. Setelah pengambilan darah, pendonor diberikan konsumsi dan bubur kacang hijau.

Ada banyak partisipan yang datang untuk mengikuti acara ini, seperti siswa-siswi dan beberapa guru dan staf Smk Muda, siswa-siswi SMAK St. Yoseph, warga sekitar Kecamatan KarangPilang, staf dan karyawan kantor Kecamatan KarangPilang, dan ada anggota Polsek KarangPilang. Acara ini ditargetkan oleh ketua pelaksana acara donor darah PMR Smk Muda, Hilwa Illiyin Sabilah sekitar 200 partisipan, dan hingga pukul 9.43 sudah ada 82 partisipan yang mengikuti acara donor darah ini. Siswa-siswi Smk Muda yang akan menjadi pendonor, diarahkan dari sekolah ke Kecamatan secara bergantian, dimulai dari kelas jurusan TKJ, Multimedia, dan dilanjutkan Animasi.

Tadi, tim Jurnalis Smk Muda sempat mewawancarai beberapa pendonor yang turut serta meramaikan acara sosial ini. Salah satunya adalah salah satu guru Smk Muda yaitu Pak Agus Dwi Hartono yang menjabat sebagai guru Fisika di Smk Muda. Pak Agus beranggapan bahwa acara ini sangat membantu masyarakat yang membutuhkan darah dan sangat mengapresiasi adanya acara ini. Alasan Pak agus mengikuti acara ini adalah ia ingin menyehatkan dirinya. Lalu Pak Agus juga memberi masukan kepada PMR Smk Muda agar tatanan administrasi bagi calon pendonor bisa diatur lebih rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *