Kegiatan Donor Darah 2017

DONOR DARAH PMR MUDA

SELAMATKAN JUTA JIWA

 

This slideshow requires JavaScript.

 

Kamis, 27 Juli 2017 merupakan hari yang sangat istimewa bagi Palang Merah Remaja (PMR) SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. Karena hari ini mereka sedang menggalangkan bakti sosial yaitu donor darah. Acara ini dimulai pada pukul 08.00. Meskipun pagi ini cuaca di daerah Karangpilang hujan ringan, tetapi para calon pendonor tetap bersemangat untuk datang di Kecamatan Karangpilang untuk ikut meramaikan acara donor darah yang diadakan oleh SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. Para calon pendonor mulai berdatangan sejak pukul 08.20. Para calon pendonor terdiri dari beberapa kalangan. Seperti para karyawan kecamatan, siswa, guru, dan karyawan Smk Muhammadiyah 2 Surabaya, Polres Karangpilang, serta para warga sekitar dan siswa SMK Santo Yusuf Karangpilang.

PMR bukan pertama kali mengadakan acara mulia seperti sekarang ini. Sebelumnya acara seperti juga telah dilaksanakan pada bulan Januari 2017 lalu. Acara donor darah hari ini, telah dipersiapkan sejak dari bulan Juni lalu.

Sebelum masuk ke dalam mobil PMI untuk diambil darahnya, para calon pendonor diwajibkan untuk mengisi form data diri. Setelah itu, calon pendonor diarahkan ke petugas PMI untuk di cek kesehatannya. Setelah dinyatakan sehat dan bisa mendonorkan darahnya, calon pendonor diarahkan untuk masuk ke dalam mobil PMI untuk pendonoran darah. Setelah selesai melakukan donor darah, pendonor diberikan konsumsi oleh PMI dan diberikan bubur kacang ijo dari PMR SMK Muhammadiyah 2 Surabaya.

Ketua pelaksana, Oky Dwi Kristanto berharap agar acara ini dapat berjalan lancar dan dia juga berharap agar di acara selanjutnya mendapatkan pendonor yang lebih banyak dan untuk para anggota PMR diharapkan lebih bekerja giat jika ada acara yang akan dilaksanakan oleh PMR Smk Muhammadiyah 2 Surabaya. Pembina UKS, Luthfina Rahmatin yang biasa dipanggil oleh Bu Fina berharap besar bahwa acara ini dapat dilaksanakan 3 bulan sekali dan dapat menjadi agenda rutin.

Tim jurnalistik juga sempat mewawancarai perwakilan dari Kecamatan Karangpilang, serta 2 orang perwakilan dari Polsek Karangpilang. Mereka juga sangat mengapresiasi adanya kegiatan donor darah hari ini. “diharapkan acara seperti ini dapat berlangsung secara rutin. Agar jika ada orang yang ingin donor darah secara rutin tidak perlu jauh-jauh datang ke PMI. Mereka hanya cukup datang ke kecamatan Karangpilang untuk mendonorkan darahnya”, kata bapak Sucahyo perwakilan dari Polsek Karangpilang saat diwawancarai didepan kantor Kecamatan Karangpilang. Perwakilan dari Kecamatan Karangpilang, Kasi Kesra, Drs. Mustofa Khalil juga mengatakan bahwa pihak Karangpilang juga akan menyebarluaskan acara donor darah ke sekolah sekitar Karangpilang, Instansi terkait, dan Polsek Koramil. Beliau juga berharap acara ini dapat dirutinkan sehingga menjadi budaya yang baik bagi generasi masa depan.

Salah satu pendonor yang menyita perhatian para tim Jurnalistik adalah Pak Heru. Beliau adalah salah satu karyawan di Smk Muhammadiyah 2 Surabaya. Pasalnya beliau selalu hadir di acara donor darah yang dilaksanakan oleh tim PMR Smk Muhammadiyah 2 Surabaya. Saat diwawancarai oleh tim Jurnalistik, tepat pada hari ini beliau telah mendonorkan darahnya yang ke 106 kali. Beliau juga sudah mendapatkan satya lencana yang diberikan langsung oleh Presiden RI, Bapak Jokowi.

Acara hari ini berlangsung sangat ramai. Karena banyak sekali yang sudah berpartisipasi di acara donor darah hari ini. Tetapi ada beberapa kendala yang terjadi, para calon pendonor tidak bisa ikut mendonorkan darahnya dikarenakan mereka tidak membawa kartu identitas diri (KTP dan Kartu Pelajar). Acara donor darah kali ini selesai pada pukul 11.45 WIB.

 

(Ara, Demay/tjsm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *