CREATIVEPRENEUR SMK MUDA

CREATIVEPRENEUR SMK MUDA

Kuliner selalu mempunyai tempat tersendiri di hati para konsumen. Perkembangan foodpreneur seakan terus menjamur dengan munculnya pelbagai variasi-variasi makanan atau jajanan yang menarik minat khalayak ramai. Makanan atau jajanan dengan bentuk dan rasa yang unik serta didukung dengan harga yang terjangkau diakui mampu menarik minat konsumen untuk mencobanya. Berangkat dari alasan tersebut, SMK Muhammadiyah 2 Surabaya sebagai sekolah vokasional berkomitmen menanamkan jiwa entrepeneurship dalam diri perserta didiknya. Bentuk komitmen tersebut diaplikasikan dalam wujud pembelajaran terintegrasi yang dalam implementasinya merupakan kombinasi antarmapel yang dalam muatannya saling berkolaborasi satu sama lain. Adapun harapan yang ingin dicapai dari penerapan pembelajaran terintegrasi tersebut adalah tumbuhnya jiwa entrepeneurship dalam diri peserta didik, terlebih foodpreneur sebagai solusi berwirausaha yang menjanjikan serta sebagai langkah cerdas menyikapi peluang kerja yang kian mengkhawatirkan.

Guna mewujudkan harapan tersebut, adapun mapel yang menjadi objek dari penerapan pembelajaran terintegrasi tersebut adalah mapel Bahasa Indonesia, Desain Grafis, dan Produk Kreatif Kewirausahaan. Ketiga mapel tersebut dalam perannya berkolaborasi dalam muatan pembelajarannya yang nantinya materi pada setiap mapel tersebut akan saling terkait dan berkesinambungan satu sama lain. Mapel Bahasa Indonesia dalam hal ini memainkan perannya sebagai pionir yang mendorong peserta didik untuk membuat sebuah produk makanan atau jajanan yang unik. Produk tersebut merupakan bagian dari penilaian psikomotorik pada materi teks prosedur. Pada mapel desain grafis, peserta didik dituntut untuk mampu membuat sebuah desain produk kemasan hasil dari produk makanan atau jajanan yang telah dipraktikkan pada mapel Bahasa Indonesia sebelumnya. Langkah akhir dari implementasi model pembelajaran tersebut adalah peran mapel Produk Kreatif Kewirausahaan yang dalam hal ini fokus pada packaging dan marketing hasil tindak lanjut dari pembelajaran Bahasa Indonesia dan Desain Grafis sebelumnya. Adapun hasil produk kreatif makanan atau jajanan beserta kemasannya yang dihasilkan peserta didik, antara lain, Maripop, Nasi Goreng Merah Putih, Nugget Tempe, Tape (Tahu isi Tempe), Tahu Indihome, Telur Geprek, dan lain sebagainya. (cogan)

11da90a3-0359-4ef1-a4a9-15bef6656cec d5d37840-1181-4f24-a590-95a5a778dd79 a30b67e3-5f44-4d78-be16-fa3632cd1914 64b8d76f-b103-41d7-aac6-351693d8dbfa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *