BMW(Bekerja, Melanjutkan, Wirausaha)

SMK Bisa BMW

_DSC1866

Peran SMK dalam dunia pendidikan seakan terpinggirkan dengan orientasi pendidikan yang menganggap bahwa SMK adalah jenjang yang menghasilkan “tenaga kuli.” Ya, anggapan tersebut bisa dibilang tidaklah benar jika melihat perkembangan pendidikan di era milenial ini. Justru diakui atau tidak, peran SMK cukuplah krusial dalam perihal kompetensi karena dianggap lebih terampil dan siap untuk bekerja, melanjutkan berkuliah, maupun berwirausaha.

BMW adalah sebuah akronim dari Bekerja, Melanjutkan (kuliah), dan Wirausaha yang secara esensial merupakan sebuah prinsip yang galak diterapkan dipelbagai SMK di penjuru negeri sebagai sebuah semangat yang menunjukkan bahwasanya lulusan SMK adalah lulusan yang serbabisa. Siapa bilang jika siswa SMK tak layak untuk berkuliah? Anggapan tersebut bisa dibilang tak beralasan karena tak selamanya pendidikan di Perguruan Tinggi selalu menjadi milik siswa-siswi lulusan SMA. Pendidikan yang sifatnya teknis, jika tidak dipersiapkan untuk siswa-siswi SMK, lantas akan menjadi tempat belajar untuk siapa?

Berangkat dari semangat tersebut, SMK Muhammadiyah 2 Surabaya berinisiatif untuk menerapkan konsep BMW tersebut dengan tujuan guna menjawab tantangan pendidikan di era milenial yang kian kompleks ini. Kunjungan kampus adalah salah satu jalan yang menjadi pilihan SMK Muda guna memberikan arahan kepada siswanya yang berencana nantinya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Umsida (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo) sebagai salah satu afiliasi pendidikan Muhammadiyah dianggap sebagai partner yang pas untuk menjadi tempat bagi siswa-siswi lulusan SMK Muda yang nantinya ingin melanjutkan berkuliah. Data dua tahun terakhir menunjukkan bahwa tiga puluh persen siswa SMK Muda lebih memilih melanjutkan berkuliah daripada bekerja maupun berwirausaha. “Pergeseran orientasi dari bekerja menjadi berkuliah seakan kini menjadi tradisi yang terus berkembang di SMK Muda. Cukup banyak memang yang bekerja maupun yang berwirausaha pascalulus, namun tidak sedikit pula yang memilih melanjutkan ke perguruan tinggi guna mengembangkan kompetensinya.” ujar Arvi Irchami, S.Pd., M.M., selaku Waka Humas SMK Muda. (cogan)

463591b0-0e52-47f5-917d-031c0ff94a71 _DSC1866 _DSC1868 _DSC1869 _DSC1878

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *