WANI X-PLOR SMK MUDA

LDKS 2018 : WANI EKSPLOR

LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) 2018 SMK Muhammadiyah 2 Surabaya memang telah usai beberapa hari lalu. Namun, harapan menjadi pribadi yang tangguh, disiplin, mandiri, kreatif, dan berakhlakul kharimah itu sejatinya belumlah usai. Wujud dari pembentukkan nilai-nilai karakter tersebut sejatinya tidak hanya ketika pelaksanaan LDKS belaka. Lebih dari itu, LDKS adalah titik awal dari semangat untuk mewujudkan pembentukkan nilai-nilai karakter tersebut.

20 September – 22 September 2018 mungkin menjadi waktu yang singkat untuk mampu membentuk karakter siswa. Prinsip belajar bersama alam menjadi konsep utama dalam kegiatan yang rutin diselenggarakan setahun sekali tersebut. Ya, LDKS seakan menjadi momentum yang tepat untuk menempa mental siswa, khususnya kelas X, yang notabene cenderung masih terbelenggu pada masa transisi dari pribadi kekanak-kanakkan menuju masa remaja.

Pada LDKS tahun ini, konsep pelaksanaannya pun didesain sedemikian rupa. Wani Eksplor menjadi slogan yang diusung pada kegiatan yang selalu diadakan di bulan September tersebut. Pertimbangan pembentukkan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional jadi sasaran utama guna mencapai tujuan tersebut. Adapun muatan materi dalam mewujudkan harapan tersebut antara lain, hizbul wathan, kepemimpinan, keorganisasian, jelajah malam, retorika, problem solving, mancakrida, dan lain sebagainya. Materi-materi tersebut dipilih tak ayal karena alasan adanya harapan untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter pada diri siswa yang nantinya akan berguna bagi diri siswa itu sendiri, keluarga, masyarakat, maupun bangsa. Hj. M. Mas’ulah, S.T., M.M., selaku kepala sekolah, menuturkan bahwa dengan pelaksanaaan LDKS tersebut, SMK muda berharap mampu mencetak siswa-siswi atau kader-kader Muhammadiyah yang berkarakter dan bermartabat. (Mahdy)

ldks

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *