FORTASI IPM SMK MUDA & MPLS 2018

FORTASI IPM & MPLS 2018

SMK MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA

 

Senin 16 Juli 2018 di halaman sekolah SMK Muhammadiyah 2 surabaya terlihat tidak seperti biasanya. Karena pada tahun ajaran baru  para pelajar meneruskan pendidikannya menuju tingkat yang lebih tinggi. Perguruan Muhammadiyah Karangpilang seperti biasanya mengadakan kegiatan Forum Taaruf dan Orientasi atau akrab dikenal sebagai Fortasi.

Fortasi merupakan waktu yang efektif bagi siswa baru sebelum memasuki masa studi secara formal di lingkungan sekolah Muhammadiyah, lebih khusus sebelum belajar secara formal di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. Fortasi ini sangat penting karena meliputi Empat Aspek yang merupakan bekal dalam menjalani kegiatan belajar mereka kedepannya.

Aspek yang pertama merupakan pengenalan lingkungan sekolah, yang meliputi lingkungan sekolah, profile sekolah, mengenal jurusan, maupun situasi pembelajaran selama di sekolah. Aspek yang kedua merupakan aspek tata tertib sekolah dan sopan santun di sekolah. Sebagai siswa baru, hal yang menjadi suatu keharusan adalah tata tertib, aturan serta sopan santun yang mengikat yang harus diterapkan oleh siswa. Ini menjadi fondasi bagi siswa selama sebelum belajar secara formal yang harus ditanamkan dan jadi pedoman sehari-hari. Sedangkan aspek yang ketiga adalah mengenalkan tentang kemuhammadiyahan dan IPM. SMK Muhammadiyah 2 Surabaya,  juga berpegang pada prinsip ajaran Muhammadiyah, baik itu aspek ibadah, maupun aspek muamalah. Di samping itu, siswa baru akan diperkenalkan tentang Ikatan Pelajar Muhammadiyah, yaitu organisasi resmi di sekolah Muhammadiyah. Aspek keempat merupakan Kewirausahaan karena pada Era milenial saat ini persaingan hidup semakin ketat dan penuh kompentensi oleh karena itu para siswa diharuskan memiliki kreatif dan memiliki daya inovasi yang tinggi untuk dapat merebut semua peluang dan kesempatan melalui kemampuan ketrampilan sehingga dengan ketrampilan yang dimiliki akan dapat mengembangkan segala potensi di dalam diri untuk dapat menciptakan kreasi dan berbagai macam produk.

 

Kegiatan Fortasi yang yang direncanakan selama tiga hari ini juga turut melibatkan IPM dengan dibantu Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya untuk mensukseskan agenda yang memang menjadi salah satu program kerja unggulan. Pada hari pertama materi yang disampaikan mengenai tata tertib sekolah. Sedangkan hari kedua dan ketiga yakni pengetahuan jurusan, kemuhammadiyahan, kewirausahaan hingga motivasi diri agar siswa mendapat bekal yang cukup dalam menyambut dan menjalani masa sekolah yang baru ini. Tak hanya materi yang diberikan, siswa baru pun diajak membiasakan kedisiplinan dan peningkatan ketaqwaan dengan diadakannya sholat dhuha secara berjamaah . (AdF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *